Ada yang mengeluhkan
motor injeksi dirasa kurang bertenaga saat dipakai di dataran tinggi.
Bahkan, top-speed hanya berkisar di kecepatan 60 km/jam. Nah lho!
“Beberapa tipe di motor injeksi Honda memang diperlukan seting altitude atau ketinggian di mana motor itu dipakai,” beber Didi Wahyudi yang merupakan instruktur dari Astra Motor Training Centre (AMTC) Semarang, Jawa Tengah.
Yang perlu melakukan setting ketinggian secara manual, di antaranya Honda Vario Techno 125 dan Spacy PGM-FI dan juga Supra X 125 Helm-In. Lewat setting ini, kebutuhan mesin akan sesuai kondisi lingkungan. “Ada empat mode bisa diseting,” tambah pria yang bertugas melakukan training terhadap makanik AHASS.
Untuk mode 1, motor yang digunakan di range ketinggian 0-2.000 m dpl. Lalu, 2.000-2.500 m dpl, untuk mode 2. Lanjut Mode 3, ketinggian 2.500-3.500 m dpl. Terakhir, di atas 3500 m dpl motor disetting di mode 4.
Cara settingnya mudah. Mode 1, cara settingnya putar kunci kontak ke posisi OFF. Cari posisi Data Link Connector (DLC) yang ada di cover depan. Setelah ketemu letak DLC, jumper pakai kabel.
“Berikutnya buka handel gas secara penuh dan tahan pada posisi itu sambil memutar kunci kontak ke posisi ON,” bebernya lebih lanjut.
“Beberapa tipe di motor injeksi Honda memang diperlukan seting altitude atau ketinggian di mana motor itu dipakai,” beber Didi Wahyudi yang merupakan instruktur dari Astra Motor Training Centre (AMTC) Semarang, Jawa Tengah.
Yang perlu melakukan setting ketinggian secara manual, di antaranya Honda Vario Techno 125 dan Spacy PGM-FI dan juga Supra X 125 Helm-In. Lewat setting ini, kebutuhan mesin akan sesuai kondisi lingkungan. “Ada empat mode bisa diseting,” tambah pria yang bertugas melakukan training terhadap makanik AHASS.
Untuk mode 1, motor yang digunakan di range ketinggian 0-2.000 m dpl. Lalu, 2.000-2.500 m dpl, untuk mode 2. Lanjut Mode 3, ketinggian 2.500-3.500 m dpl. Terakhir, di atas 3500 m dpl motor disetting di mode 4.
Cara settingnya mudah. Mode 1, cara settingnya putar kunci kontak ke posisi OFF. Cari posisi Data Link Connector (DLC) yang ada di cover depan. Setelah ketemu letak DLC, jumper pakai kabel.
“Berikutnya buka handel gas secara penuh dan tahan pada posisi itu sambil memutar kunci kontak ke posisi ON,” bebernya lebih lanjut.
Malfunction Indicator Light (MIL) akan menyala kemudian akan berkedip
dengan cepat. Setelah kurang lebih 5 detik dari kedipan cepat, tutup
handel gas dan tahan selama kurang lebih 3 detik.
“Untuk memilih mode 2, 3 dan 4 lakukan hentakan handel gas dengan menutup dan membuka secara penuh. “Jika penutupan handel gasnya dua kali berarti mode 2, tiga kali mode 3 dan empat kali mode 4,” sambungnya.
Yang perlu diperhatikan waktu menutup atau membuka handel gas waktunya tidak lebih 0,5 detik. Dan, penutupan handel gas yang terakhir selama 3 detik.
Jika setting yang kita lakukan telah berhasil MIL akan berkedip sebanyak mode yang kita setting secara berulang-ulang. Selanjutnya tinggal kita putar kunci kontak ke posisi OFF. Jika MIL belum tunjukkan kedipan sesuai mode yang kita inginkan, coba ulangi prosedur penyetelan dari awal lagi. (motorplus-online.com)
“Untuk memilih mode 2, 3 dan 4 lakukan hentakan handel gas dengan menutup dan membuka secara penuh. “Jika penutupan handel gasnya dua kali berarti mode 2, tiga kali mode 3 dan empat kali mode 4,” sambungnya.
Yang perlu diperhatikan waktu menutup atau membuka handel gas waktunya tidak lebih 0,5 detik. Dan, penutupan handel gas yang terakhir selama 3 detik.
Jika setting yang kita lakukan telah berhasil MIL akan berkedip sebanyak mode yang kita setting secara berulang-ulang. Selanjutnya tinggal kita putar kunci kontak ke posisi OFF. Jika MIL belum tunjukkan kedipan sesuai mode yang kita inginkan, coba ulangi prosedur penyetelan dari awal lagi. (motorplus-online.com)
No comments:
Post a Comment